GAMBARAN PENGETAHUAN TENTANG BULLYING PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI SD NEGERI 2 CEPORAN

Authors

  • Niken Lestari Universitas Muhammadiyah Klaten
  • Suyami Universitas Muhammadiyah Klaten
  • Devi Permatasari Universitas Muhammadiyah Klaten
  • Setianingsih Universitas Muhammadiyah Klaten

Keywords:

Bullying, Pengetahuan

Abstract

Bullying merupakan tindakan penyalahgunaan kekuatan yang dilakukan secara sengaja serta berulang-ulang dengan tujuan untuk menyakiti orang lain. Pengetahuan merupakan salah satu faktor penyebab perilaku bullying. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengetahuan siswa SD Negeri 2 Ceporan tentang bullying di sekolah. Desain penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian di SD Negeri 2 Ceporan. Jumlah sampel sebanyak 43 responden dengan menggunakan total sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa sebagian besar responden memiliki pengetahuan baik tentang bullying yaitu kelas 5 sebanyak 21 (80,8%) responden dan kelas 4 sebanyak 13 (76,5%) responden. Responden terbanyak pada penelitian ini yaitu perempuan 22 (51,2%) responden dan rata-rata umur 10,72 dengan standar deviasi 0,548. Pengetahuan tentang bullying di SD Negeri 2 Ceporan dalam kategori baik, kelas 5 sebanyak 21 (80,8%) dan kelas 4 sebanyak 13 (76,5%).

Downloads

Published

2023-10-20